Friday, September 7, 2012

SmadAV


Sebelumnya ditemukan aplikasi antivirus gratis yang mudah digunakan, masyarakat Indonesia kebanyakan menggunakan antivirus yang tersedia di computer mereka padahal masih banyak virus yang tidak dapat mereka kendalikan. Ada berbagai macam virus yang sulit dikendalikan, khususnya virus lokal yang membuat komputer berjalan lambat dan sulit memproses data yang disimpan di drive c. Sampai akhirnya lahirlah SmadAV yang merupakan antivirus yang dapat diunduh gratis di website http://www.smadav.net/.  Antivirus ini dapat mengatasi virus-virus lokal maupun virus internasional secara keseluruhan. Penggunaannya pun mudah dan tidak membutuhkan biaya.

 
Seorang pejuang bangsa Indonesia bernama Zainuddin Nafirin yang akrab dipanggil zai menjadi seorang penemu antivirus SmadAV ini. Dia hanya seorang pelajar Sekolah Menengah Atas  di Palangka Raya saat pertama kali menciptakan SmadAV. Pada tahun 2006, secara tidak sengaja ia mengenal Visual Basic di laboratorium computer sekolahnya. Karena ketertarikannya dalam bidan ini, dia mempelajarinya secara tekun. Pada awal pembuatannya, teman-teman sebaya Zai sering mengeluh tentang computer mereka yang terkena virus ganas dan tidak bias diatasi oleh antivirus yang ada di computer mereka. Kemudian Zai berusaha memperbaiki satu persatu computer teman-temannya secara manual. Dia menjadi sangat terampil dalam mengatasi hal tersebut sampai akhirnya dia menemukan cara yang lebih mudah, yaitu menciptakan SmadAV v.1.0. agar teman-temannya bias mengatasi virus-virus itu sendiri. Namun karena kesibukannya dalam menjadi peserta olimpiade Matematika, pengembangan SmadAV terpaksa ia hentikan sampai tahun 2008. Akhirnya dia lulus SMA dan melanjutkan pendidikan di Fakultas Ilmu Komputer di Universitas Gajah Mada, Jogjakarta. Akhirnya disana dia kembali mengembangkan proyek SmadAV bersama teman-teman yang mendukungnya secara cuma-cuma. Pengembangannya membutuhkan banyak dana untuk biaya operasional, riset, hosting dan kebutuhan lainnya. Namun seperti mahasiswa lainnya dia hanya memiliki uang saku perbulan yang dikirimi orang tuanya. Oleh karena itu teman-temannya membuat sebuah forum yang diresmikan pada 23 Oktober 2009. Selain masalah sumbangan biaya, forum ini juga didirikan untuk menyediakan layanan pengguna dan tanya jawab. Forum SmadAV juga tersedia bagi pengguna yang ingin melaporkan saran atau kritik untuk SmadAV. Pada bulan Agustus 2011, forum SmadAV yaitu smadaver.com tercatat memiliki 69.923 pengguna terdaftar. Data tersebut bersumber dari Forum Smadav Statistic Center.
Nama antivirus ini dibuat oleh Zai sendiri yang berasal dari kata Smanda (SMAN 2) dan AntiVirus. Sedangkan pada saat membuat logonya, Zai terinspirasi dari sebuah objek di bidang Matematika, yaitu impossible object. Warna hijaunya melambangkan kedamaian dan Indonesia yang merupakan paru-paru dunia.
Smadav menggunkan ribuan fungsi API, sedikit fungsi VB, sehingga lebih cepet scanning-nya. Kecepatan rata-rata scanning-nya 100 file per detik. Smadav hanya open-source untuk versi 1.7 dan 2.3. Pembagian Smadav Release, yaitu:
Revisi Kecil : rev. 8.0.0 jadi rev 8.0.1 (revisi berkala dalam hitungan hari)
Revisi Biasa : rev. 8.0 jadi rev. 8.1 (biasanya 2 minggu sekali)
Revisi Besar : rev. 8.5 jadi rev. 9.0 (biasanya 2 bulan sekali)

Nama: Fitri Rahmasari 
Jurusan: Akuntansi Teknologi Sistem Informasi
NPM: 1206221342
Tugas Organisasi Sistem Komputer

No comments:

Post a Comment

thanks for reading and comments :3